Breaking News

January 7, 2024

HUT 20 Solsel,Jadi Momen Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah

Hari Jadi Kabupaten (HJK) Solok Selatan ke-20 Tahun 2024 melalui  Sidang Paripurna Istimewa DPRD Solsel yang dipimpin Ketua DPRD, Zigo Rolanda di dampingi Wakil-Wakil Ketua DPRD, Yendri Susanto, Armensyah Johan, dan dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemprov. Sumbar, Delvi Kurnia, Bupati H. Khairunas, Wabup H. Yulian Efi, di Golden Arm, Minggu (7/1/2024).

FS.Solok Selatan (Sumbar) -
Memasuki usia ke-20 tahun, Kabupaten Solok Selatan telah banyak capaian dari sisi pembangunan, pelayanan publik, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan momen ulang tahun ke-20 ini bisa dijadikan sebagai momen untuk melakukan refleksi dan evaluasi kinerja yang sudah dilakukan selama dua puluh tahun terakhir.

"HUT Kabupaten Solok Selatan yang kita peringati setiap tahunnya dan terkhusus HUT ke 20 Tahun 2024 ini, tidak hanya sebagai momentum Peringatan Hari Jadi, tetapi juga sekaligus dapat dijadikan sebagai momentum evaluasi untuk mengukur sudah sampai sejauhmana capaian kinerja pembangunan daerah yang telah dapat dihasilkan, sejak pemisahannya dari Kabupaten Solok," kata Zigo saat membuka Rapat Paripurna DPRD dalam rangka HUT ke-20 Kabupaten Solok Selatan, Minggu (7/1/2024).

Menurut Zigo, pada usia ini wajah Solok Selatan sudah jauh berbeda dengan sewaktu baru dimekarkan. Solok Selatan kini sudah tak lagi masuk dalam kelompok daerah tertinggal.

Bupati H. Khairunas menyerahkan kue pada Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sumbar, Delvi Kurnia saat peringatan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Solok Selatan ke-20, Minggu (7/1/2024).

Begitu juga dengan indikator pembangunan daerah, kini dinilai sudah sama, bahkan melampaui daerah-daerah yang lebih dulu berdiri dari Kabupaten Solok Selatan.

Dari sisi ekonomi, pada 2022 lalu tercatat pertumbuhan sebesar sebesar 4,022%, angka kemiskinan ebesar 6,51%, dan tingkat pengangguran terbuka sebesar 3,71%.

Saat ini pemerintah kabupaten terus berupaya untuk meningkatkan pembangunan, baik dari segi infrastruktur juga sumber daya manusia. Upaya ini juga dinilai telah mulai memperlihatkan peningkatan dan memberikan berbagai penghargaan untuk Solok Selatan.

"Untuk itu, kami dari DPRD Kabupaten Solok Selatan sebagai reprsentasi masyarakat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten beserta jajarannya, Forkopimda, semua stakeholder dan pemangku kepentingan, serta sektor swasta yang telah bekerja sama dan saling mendukung untuk kelancaran dan kesuksesan pembangunan daerah di kabupaten ini," ungkapnya.

Bupati H. Khairunas, Wabup H. Yulian Efi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sumbar, Delvi Kurnia, Pimpinan DPRD Solsel, Zigo Rolanda, Yendri Susanto, Armensyah Johan, foto bersama dengan mantan Pj. Bupati Solsel, Marzuki Onmar, dan seluruh anggota DPRD Solok Selatan pada HJK ke-20 Solsel, Minggu (7/1/2024).

Zigo menghimbau agar seluruh pihak tidak berbangga dan berpuas diri. Sebab masih banyak tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan, untuk menjadikan Kabupaten Solok Selatan menjadi lebih baik dan masyarakatnya lebih sejahtera. 

Berusia 20 Tahun, Solsel Sukses Lakukan Lompatan Besar

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menilai Kabupaten Solok Selatan telah sukses melakukan lompatan besar  di usia yang genap 20 tahun ini. Terutama dalam pembangunan infrastruktur untuk menggerakkan perekonomian dan mobilisasi masyarakat dari dan ke Solok Selatan.

Bupati Solok Selatan, H. Khairunas saat menyampaikan pidatonya saat HJK ke-20 Kabupaten Solok Selatan, di Golden Arm, Minggu (7/1/2024).

Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Devi Kurnia mengatakan tema peringatan  hari jadi Solok Selatan tahun ini dinilai menggugah dan sesuai dengan semangat kepala daerah dan jajarannya dalam berinovasi dan berstrategi membangun daerah.

"Hasil yang telah kami saksikan bagaimana Solok Selatan melakukan sebuah lompatan besar dalam pembangunan daerah di bidang infrastruktur, ekonomi, dan sosial budaya," kata Devi dalam Rapat Paripurna DPRD dalam rangka HUT ke-20 Kabupaten Solok Selatan, Minggu (7/1/2024).

Dirinya mengakui bahwa dalam pembangunan di Solok Selatan memerlukan strategi khusus lantaran kendala kondisi geografis daerah ini yang jauh. Belum lagi akses jalan yang sebagian besar rusak, berliku, dan sempit di beberapa ruas jalan.

Dalam pembangunan ini, kolaborasi dilakukan mulai dari pemerintah kabupaten, provinsi, hingga pusat untuk membuka jalur baru agar membuat arus lalu lintas tak lagi ibarat 'bottle neck' alias hanya satu arah saja.

Para istri Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD,  Sekdakab. Solsel dan istri anggota DPRD Solsel turut ambil bagian pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD dengan agenda HJK Solsel ke-20, Minggu (7/1/2024).

Meski demikian, Devi menilai upaya ini masih belum cukup. Masih diperlukan upaya lebih agar Solok Selatan bisa menjadi daerah perlintasan dan terkoneksi dengan banyak daerah lain di sekitarnya.

"Kami yakin dan percaya Solok Selatan ke depan akan menjadi kabupaten yang cemerlang dan mampu sejajar dengan kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat. Terlihat dari upaya pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan dengan gencar," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Devi juga mengucapkan selamat atas Hari Jadi Solok Selatan ke-20 ini. "Semoga dengan semangat peringatan hari jadi ini pemerintah dan masyarakat bisa terus melompat mewujudkan Solok Selatan yang hebat," tutupnya. (Adv)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!