Breaking News

January 27, 2024

Polsek Babat Toman Amankan Pelaku Pengolahan Minyak Tanpa Izin


FS.Muba(SUMSEL)- 
Diduga telah melakukan tindak pidana melakukan Pengolahan Minyak tanpa izin atau ilegal refinery, Rusdi (42) warga Bangun sari Kecamatan Babat Toman diamankan polisi dari unit Reskrim Polsek Babat Toman yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Babat Toman AKP Rama Yudha SH pada hari kamis (25/01/2024).

Diketahui lokasi ilegal refinery (penyulingan minyak ilegal)  berada di Talang Kambang Desa Bangun sari Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin, dan terjadi kebakaran pada hari Rabu (24/01/2024) diduga karena terjadi kebocoran pada tungku minyak ukuran isi 70 drum, sehingga terbakar saat proses penyulingan minyak.

Kapolres Muba Akbp Imam Safii Sik. Msi. melalui Kapolsek Babat Toman Akp. Rama Yudha SH saat dikonfirmasi tribratamubanews hari Sabtu (27/01/2024) membenarkan adanya penangkapan terhadap terduga pelaku ilegal refinery atas nama Rusdi pada hari  Kamis (25/01/2024) setelah diketahui satu hari  sebelumnya, yaitu pada hari Rabu (24/01/2024) terjadi kebakaran tempat ilegal refinery dimaksud.

Pemilik Ilegal revinery sendiri atas nama Ir belum tertangkap, sedangkan yang sudah tertangkap sekarang adalah Rusdi selaku pengelola di lapangan. Jelasnya.

Terpisah Kasat Reskrim polres Muba Akp. Bondan Try Hoetomo STK . SIK. MH. saat dikonfirmasi mengenai tindak lanjut penanganan perkara Ilegal refinery,  menjelaskan bahwa ditangani oleh Unit pidsus Sat Reskrim Polres Muba. 

Berkaitan dengan kegiatan ilegal refinery ini ada dua permasalahan yang harus diselesaikan, yaitu masalah sosial dan masalah hukum, untuk mengatasi hal ini  pendekatan yang kami lakukan tahap awal memberikan himbauan kepada para pelaku usaha Ilegal refinery kiranya dapat menghentikan kegiatannya dan menutup secara mandiri lokasi kegiatan ilegal refinery sebelum kami melakukan penegakan hukum.

Pertimbangan harus dihentikan dan ditutup karena kegiatan tersebut selain melanggar hukum, juga dampaknya dapat menimbulkan pencemaran dan merusak lingkungan, juga membahayakan keselamatan jiwa serta merugikan keuangan negara. Ujarnya.

Tersangka Rusdi kami jerat dengan pasal 53 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, sebagaimana telah dirubah dalam   Undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti undang-undang (Perpu) nomor 2 tahun 2022 tentang Undang-undang Cipta Kerja menjadi Undang-undang, Jo pasal 55 ayat (1) ke-1 Jo pasal.188 Kuhp, dengan ancaman hukuman 5 tahun dan denda paling tinggi 50 milyar rupiah. Tambah Bondan. (SM).

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!