Breaking News

February 6, 2024

KPU Sumbar Ingatkan Pemilih Jangan Lupa Bawa KTP ke TPS


FS.Padang(SUMBAR)-
Delapan hari jelang pemilihan umum (Pemilu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat mengingatkan bahwa pemilih pada pemilu serentak tahun 2024 adalah pemilih yang memiliki KTP Elektronik.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumbar Ory Sativa Syakban mengingatkan pemilih, ketika hari pemungutan suara nanti, agar membawa KTP Elektronik ke TPS.

"Ya, saat hari pemungutan suara nanti, Pemilih yang datang ke TPS nanti jangan lupa membawa KTP elektronik," ujar Ory Sativa Syakban pada Selasa 6 Febbruari 2024.

Dijelaskan Ory, Sesuai dengan ketentuan PKPU 25 tahun 2023 tentang Pungut Hitung, Pemilih yang Terdaftar para Daftar Pemilih Tetap (DPT), dapat menggunakan hak pilih di TPS-nya dengan membawa Dokumen C-Pemberitahuan dan memperlihatkan KTP Elektronik kepada KPPS.

"Demi untuk mejaga ketersediaan surat suara, Pemilih DPT disarankan datang di rentang jam 7.00 WIB hingga jam 10.59 WIB," terangnya

Lebih lanjut Ory juga menyampaikan,  Pemilih pindahan yang tercatat pada Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dapat menggunakan hak pilih dengan menyerahkan dokumen A-Pindah memilih serta memperlihatkan KTP Elektronik.

"Pemilih kategori DPTb disarankan datang menggunakan hak pilih jam 11.00 hingga jam 11.59, meski demikian, kedatangan pemilih DPT dan DPTb diluar jam kedatangan yang sudah diatur, KPPS tetap wajib melayaninya," tegas Ory

Kemudian yang terakhir, pemilih yang belum masuk DPT dan DPTb, dapat menggunakan Hak Pilih, hanya dengan membawa KTP Elektronik saja. 

"Nah, Pemilih ini dikategorikan sebagai pemilih Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan hanya bisa dilayani direntang jam 12 hingga jam 13 siang," sebutnya 

Pemilih DPK, hanya dapat dilayani di TPS dalam Nagari/Desa atau Kelurahan sesuai alamat yang tertera di KTP Elektronik pemilih dan sepanjang surat suara masih tersedia.

"KTP Elektronik, dapat diperlihatkan pemilih kepada KPPS pada hari Pemungutan Suara dalam bentuk Digital, Foto Copy dan Foto di smartphone," terangnya.


Ditambahkan Ory lagi, Bahkan jika KTP Elektroniknya belum siap, pemilih dapat memperlihat Surat Keterangan Perekaman atau Identitas Kependudukan yang memuat foto, Nama dan NIK pemilih dan diterbitkan oleh Disdukcapil.(Romelt)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!