Breaking News

February 28, 2024

Partisipasi Masyarakat di Pemilu 2024 Menurun, KPU Solsel: Akibat Cuaca Buruk

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Solsel, Elvira Roza

FS.Solok Selatan(Sumbar) -
Pemilu 2024 sudah usai, dan saat ini sedang menunggu proses Pleno Rekapitulasi Penghitungan suara tingkat Kabupaten yang akan dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Solok Selatan.

Data sementara jumlah pemilih yang berpartisipasi mempergunakan hak suaranya pada Rabu (14/2/2024) saat pelaksanaan pemungutan suara hanya lebih kurang 79 % atau sekitar 102.945 pemilih dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 129.428 pemilih.

" Perkiraan kurangnya keinginan masyarakat mempergunakan hak suaranya pada Pemilu lalu, dikarenakan cuaca kurang baik, dan ada kondisi jalanan menuju lokasi  ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) berlumpur," jelas Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Solsel, Elvira Roza pada Fokussumatera.com.

Meski demikian, secara umum pelaksanaan pemungutan suara pada pemilu 14 Pebruari kemaren berjalan lancar dan aman, meski satu TPS di Kecamatan Sungai Pagu, persisnya TPS 08 Nagari Bomas berakhir dilakukannya Pemungutan Suara Ulang (PSU)," tambahnya.

Dikesempatan itu, Elvira Roza juga menjelaskan bahwa pelaksanaan Pleno Rekapitulasi Penghitungan suara tingkat kecamatan di PPK telah pula selesai sesuai target pelaksanaan hingga Sabtu 24 Pebruari 2024.

Bahkan yang pertama selesai melaksanakan Pleno adalah PPK Kecamatan KPGD disusul Kecamatan SJJ, Kecamatan Sangir, SBH, SBJ dan Pauh Duo.

Sedangkan PPK Sungai Pagu adalah pelaksanaan terakhir dalam Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara, hal tersebut dikarenakan satu TPS diwilayahnya melakukan PSU," pungkasnya. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!