Breaking News

February 27, 2024

Tingkatkan Kemampuan, Ditsampta Polda Sumbar Gelar Latihan Dalmas Nusantara


FS.Padang(Sumbar) -
Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan anggota dalmas nusantara,  Ditsampta Polda Sumbar menggelar Latihan Dalmas, di lapangan apel Mapolda Sumbar, Senin (26/24) pagi.

Kabid humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan mengatakan, Latihan Dalmas Nusantara sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesiapan dalam menghadapi berbagai gangguan yang salah satu aksi unjuk rasa yang dapat mengganggu ketertiban umum.

"Latihan ini sebagai upaya meningkatkan kesiapan menghadapi potensi aksi unjuk rasa yang dapat mengganggu ketertiban umum," katanya.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kasi Paddal Ditsampta Polda Sumbar Kompol Maman Rosadi dan diikuti personel Dalmas Ditsampta.

Latihan Dalmas Nusantara ini dengan fokus pada penanganan situasi mulai dari yang bersifat damai hingga yang mengarah pada kerusuhan.

"Latihan untuk menghadapi berbagai skenario aksi unjuk rasa, mulai dari yang bersifat damai hingga yang mengarah pada kerusuhan, guna memastikan respons yang tepat dan proporsional," terang Kombes Dwi.

Lebih lanjut, Latihan Dalmas Nusantara dalam menghadapi aksi unjuk rasa mencakup berbagai aspek, termasuk pengendalian kerumunan, penanganan massa, negosiasi, dan taktik pengamanan.

Selain itu, Para peserta dilatih untuk menggunakan peralatan dalmas dengan tepat dan efisien, serta menjaga keseimbangan antara kebutuhan akan penegakan hukum dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

"Latihan ini dilakukan guna meminimalkan risiko eskalasi kekerasan dan memastikan keselamatan bagi semua pihak yang terlibat," tambahnya.

Hasil dari Latihan Dalmas Nusantara ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan Polri dalam menghadapi berbagai tantangan dalam menjaga ketertiban umum, termasuk dalam menghadapi aksi unjuk rasa. 

"Dengan latihan yang terencana dan terarah, diharapkan Polri dapat menghadapi setiap situasi dengan profesionalisme dan proporsionalitas, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan tetap menghormati hak asasi manusia," tutup Kombes Dwi.(*)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!