Breaking News

April 3, 2024

Gerak Cepat, Bupati Suhatri Bur Lihat Langsung Kondisi Ambruknya Jembatan Batang Sani


Suhatri Bur Bersama Tim Saat Meninjau Jembatan Batang Sani Yang Rusak

KP. Padang Pariaman ---



Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten Padang Pariaman menyebabkan amblasnya Jembatan Batang Sani di Korong Batang Sani, Nagari Tandikek, Kecamatan Patamuan, pada Selasa (02/04/2024).


Meluapnya air batang sani itu menyebabkan jembatan dengan panjang 24 meter dan luas 5,20 meter tersebut turun tiang sejauh 1 meter.


Sesaat setelah menerima informasi tersebut, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur didampingi Kadis PUPR yang saat itu turut bertindak sebagai Plt. Kalaksa BPBD Padang Pariaman El Abdes Marsyam langsung melakukan peninjauan ke lokasi.


Dengan gerak cepat selesai melaksanakan Safari Ramadan Khusus di Surau Tunggua Hitam Nagari Limpato sungai sariak, Bupati Suhatri Bur di dampingi kadis PUPR Padang Pariaman langsung melihat kondisi jembatan Batang sani yang ambruk tersebut.

 
Jembatan Batang Sani berada di kenagarian Tandikek kecamatan Patamuan kabupaten Padang Pariaman.


"Ini akan segera kita tindaklanjuti dengan melakukan pendataan dan meneruskan ke Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB). Semoga dalam waktu dekat dapat ditindaklanjuti," ungkapnya.


Akibat amblasnya jembatan yang menghubungkan korong Batang Sani dan Lubuk Aro tersebut jembatan tidak bisa dilewati kendaraan roda empat maupun roda dua. 


Sebagai tindakan pencegahan terjadinya korban jiwa Babinsa dan babinkamtibnas Nagari setempat telah memasang portal penutup jalan agar tidak bisa dilewati oleh pengendara.



Kalau dilihat kondisi jembatan Batang sani saat ini terlihat bagian tengahnya turun dan jembatan kelihatan miring, untuk sementara jembatan tersebut tidak dapat dilalui oleh masyarakat.




Kepala dinas PUPR Padang Pariaman El Abdes Marsyam  saat dihubungi awak media melalui whatshap pribadinya mengatakan bahwa jembatan Batang sani yang ambruk tersebut merupakan jembatan penghubung dua kabupaten dan sekaligus jembatan penghubung sentralnya ekonomi masyarakat.


“Besok pagi secepatnya kita akan kordinasikan dan mediasikan dengan pihak-pihak terkait seperti BNPB pusat dan BWS V provinsi sumbar,” kata Abdes.


Ia juga menyampaikan Bapak Bupati Suhatri Bur langsung memerintahkan dinas PUPR segera lakukan langkah-langkah yang tepat dengan pihak-pihak terkait, secepatnya lakukan perbaikan jembatan Batang sani ini, karena ini menyangkut kebutuhan orang banyak.


“Kata Bapak Bupati segera ambil langkah-langkah dan solusi bagaiman jembatan ini bisa secepatnya diperbaiki dan dapat dilalui masyarakat,”sebut abdes saat dihubungi awak media.


Abdes juga menjelaskan disini pihaknya akan menunggu bagaimana nantinya solusi yang diberikan oleh BNPB pusat dan BWS V Provinsi sumbar.


“Melalui whatshap kita langsung menghubungi BWS V Provinsi Sumbar, kita tunggu sampai besok siang apakah langkah awal yang diberikannya,”jelas kadis PUPR.


"Kita tunggu hasil mediasi dan kordinasi dengan BNPB dan BWS 5 provinsi sumbar, kita berharap secepatnya BNPB pusat dan BWS V provinsi sumbar memberikan langkah awal dan solusi terkait perbaikan ambruknya jembatan Batang Sani ini,” tutup kadis PUPR . (wrm)


No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!