Breaking News

Wednesday, April 10, 2024

Kegembiraan dan Kesedihan Umat Islam Di 1 Syawal 1445 H

Pelaksaan shalad Idul Fitri 1445H/2024M, diramaikan jemaah Masjid Al Mukaromah IV Jorong Pasia Talang Selatan , Kecamatan Sungai Pagu, dengan Khatib DR. Reza Fahlevi Dosen UIN Batusangkar, Rabu (10/4/2024). foto : Afrizal

FS.Solok Selatan (Sumbar) -
Memaknai 1 Syawal 1445 H/2024, ada kebahagiaan dan kesedihan yang dirasakan umat Islam. 

Pertama kebahagiaan yang dirasakan karena baru saja menjalani ibadah Rahmadan, mulai dari shalat tarawih, witir dan ibadah lainnya.

Kedua kesedihan yang dirasakan, apakah kita mampu menjadi umat yang tidak menjadikan bulan suci Ramadhan sebagai kegiatan seremonial saja.

Artinya, kegiatan ibadah selama Rahmadan sangat diharapkan dapat menjadikan umat untuk memperoleh perbaikan dalam banyak hal, terutama perbaikan dalam beribadah maupun perbaikan dalam kepribadian yang sudah diwariskan Nabi Muhammad Saw, " jelas DR. Reza Fahlevi, Dosen UIN Batusangkar saat menyampaikan khutbah sebagai Khatib Shalad Idul Fitri di Masjid Al Mukaromah IV Jorong, Nagari Pasir Talang Selatan, Rabu (10/4/2024).

Lebih jauh ia mengajak semua unsur masyarakat untuk terus menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat, terutama untuk menjadi tempat pembinaan generasi muda.

" Masjid atau rumah ibadah tidak saja sebagai tempat ibadah semata, akan tetapi juga sebagai pusat perekonomian masyarakat, sebagai tempat bermusyawarah dan tempat untuk pendidikan," jelasnya.

Dirinya juga mengajak semua orang tua, Ninik mamak, tokoh adat, tokoh agama untuk memperhatikan generasi saat ini yang sangat terpengaruh oleh kemajuan zaman. 

Seperti kecanduan generasi pada gadget yang tidak dipergunakan sebagai alat komunikasi, tetapi dipergunakan untuk main game dan untuk hal lain yang tidak positif. Bahkan keterlibatan generasi akan bahaya narkoba juga menjadi imbauan Reza Fahlevi Dosen UIN Batusangkar.

Dikesempatan itu, Reza Fahlevi juga menggambarkan kondisi musibah yang terjadi akhir-akhir ini, sebagai bentuk ujian dan peringatan Allah SWT pada umat manusia.

Sebelumnya, pengurus Masjid Al Mukaromah, Arsiswandi Dt. Sutan Kaba memaparkan kondisi keuangan masjid dan kondisi kegiatan serta rencana pembangunan masjid kedepan.( Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!