Breaking News

April 25, 2024

MTs Negeri 3 Solsel, Mampu Mewujudkan Harapan Orang Tua Murid

Suasana kegiatan penyerahan siswa kelas IX MTs Negeri 3 Solsel sebanyak 153 orang pada orang tua siswa di Madrasah tersebut, Kamis (25/4/2024). Foto Afrizal

FS.Solok Selatan(Sumbar) -
Memasuki akhir tahun pelajaran 2023/2024, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 3 Solok Selatan di Pekan Selasa melepas siswa kelas IX sebanyak 153 orang dalam suatu kegiatan perpisahan di madrasah tersebut, Kamis (25/4/2024).

Prosesi perpisahan siswa kelas akhir di madrasah tersebut dihadiri Kakan Kemenag Solsel yang diwakili Kasi Pendis Kemenag Solsel, H. Syaiful Anwar, sesepuh madrasah tersebut, H. Ilyas Yatim, Ashari Pakiah Mudo, Komite Madrasah, Rudi Hartono, serta sebagian kepala madrasah se-Solok Selatan.

Atas nama Kemenag, Kasi Pendis H. Syaiful Anwar memberi apresiasi MTs Negeri 3 Solsel yang telah membuktikan siswa mampu dalam berbagai ilmu dan keterampilan. Hal tersebut dibuktikan lansung ketika kegiatan perpisahan ini.

Mereka terlihat terampil dalam berbahasa arab, inggris serta kebolehan dalam menari, bermain musik serta menjadi Hafidz Qur'an, sebagaimana kemaren baru saja mewisuda siswanya," tambah Syaiful Anwar.

Hal tersebut tentu dapat menjadi keinginan yang diharapkan selama ini oleh para orang tua saat mereka menyerahkan anak mereka untuk didik di madrasah ini," harapnya.

Pihaknya juga mengapresiasi para orang tua siswa yang sudah mempercayai madrasah sebagai tempat menimba ilmu pendidikan. " Keunggulan madrasah sudah tidak diragukan lagi, mulai dari kemampuan siswanya dalam berbahasa inggris dan arab, serta kemampuan keterampilan lainnya," tegasnya.

Ia juga berpesan pada semua orang tua siswa untuk terus melanjutkan pendidikan anak-anak mereka ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Sedangkan Ketua Komite Rudi Hartono dikesempatan itu juga memberi apresiasi pimpinan dan para guru serta tata usaha madrasah yang sudah mendidik anak-anak mereka selama tiga dan telah memberikan ilmu pendidikan yang dapat mereka manfaatkan untuk melanjutkan pendidikan.

Salah seorang perwakilan dari orang tua siswa kelas IX yang melaksanakan perpisahan saat itu, menyampaikan banyak terimakasih yang sudah mendidik anak-anak mereka dari yang tidak tahu dalam ilmu pendidikan tingkat madrasah, hingga menguasai ilmu dengan dukungan karakter dan Budi pekerti yang baik.

" Kami para orang tua mengakui banyak kekurangan kami dalam mendidik anak-anak dalam ilmu agama apalagi ilmu pengetahuan. Berkat kesabaran dan kegigihan para guru, akhirnya anak-anak kami berhasil menguasai ilmu dan berbudi pekerti yang baik," jelasnya.

Sedangkan Kemad MTs Negeri 3 H. Jasrul menjelaskan bahwa saat ini anak-anak kelas IX  yang akan diarahkan kembali pada orang tua adalah sebanyak 153 orang pada lulusan angkatan ke-31 ini.

Pelepasan siswa madrasah tahun ini mengusung Tema " Bersama meninggalkan jejak, Sendiri menapaki jalan " yang artinya mereka telah selesai menimba ilmu di madrasah ini dan terus melangkah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," jelas H. Jasrul.

Ia menceritakan, bahwa dunia pendidikan itu sangatlah bahagia dan selalu dilimpahi reski bagi orang tua saat anak-anak mereka menempuh pendidikan. Untuk itu jangan takut melanjutkan pendidikan anak-anak, karena kecemasan biaya pendidikan mereka. 

Reski orang tua yang menyekolahkan anak-anak mereka akan ada saja, sepanjang kita ikhlas dan tulus mendukung anak-anak kita melanjutkan pendidikan mereka," pungkas Jasrul.

Dikesempatan itu, Mantan Kemad MTs Negeri 3 Solsel Marmis. MM dan mantan Guru di madrasah itu, Lili Defita juga didaulat memberikan sambutan, serta diberi bingkisan kenang-kenangan atas jasa dan pengabdian di madrasah tersebut.

Terakhir Kemad H. Jasrul juga menerima kenang-kenangan dari siswa kelas IX yang perpisahan, serta ditampilkannya berbagai kebolehan para siswa yang akan meninggalkan madrasah tersebut. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!