Breaking News

Friday, May 03, 2024

Caleg Terpilih Tidak Serahkan Bukti LHKPN, Tidak Akan Dilantik Jadi Anggota Dewan

Bupati Solsel diwakili Staf Ahli Novirman menghadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umum yang di buka Ketua KPU Ade Kurnia Zeli di aula Sarantau Sasurambi, Kamis (2/5/ 2024) malam. Foto : Afrizal

FS.Solok Selatan(Sumbar) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan ingatkan Calon Legislatif terpilih dan pengurus partai caleg terpilih agar segera menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Pasalnya LHKPN tersebut menjadi syarat mutlak pelantikan para wakil rakyat tersebut. Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU)  No 6/2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umum.

Bahwa tanda bukti LHKPN wajib diserahkan selambat-lambatnya 21 hari sebelum prosesi pelantikan anggota DPRD, " jelas Ketua KPU Solok Selatan, Ade Kurnia Zeli saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umum, di aula Sarantau Sasurambi, Kamis (2/5/ 2024) malam.

Ditegaskannya, bahwa nama caleg terpilih yang tak menyerahkan tanda bukti LHKPN hingga batas akhir waktu yang telah ditentukan tidak akan dicantumkan dalam prosesi pelantikan nantinya.

Rapat pleno dihadiri Bupati Solok Selatan diwakili Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM, Dr. H. Novirman, SKM, MM, Ketua DPRD diwakili Afrizal Candra, SH, Forkompinda Solsel, para komisioner KPU Solsel, perwakilan partai politik (parpol), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solsel, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Solsel, dan sebagian Wartawan di Solsel.

Dikesempatan itu, Ade Kurnia Zeli atas nama lembaga KPU Solsel dan jajarannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi pada Pemda Solsel, pada pihak TNI, Polri dan masyarakat yang sudah mendukung kesuksesan pelaksanaan Pemilu serentak Pileg dan Pilpres Pebruari 2024 lalu.

" Pemakaian gedung untuk penyelenggaraan Pemilu, percepatan administrasi penduduk peserta pemilu, pemberian rasa aman dari Polri, TNI dan berbagai unsur lainnya adalah bentuk dukungan yang tidak terhingga untuk kesuksesan KPU sebagai penyelenggara Pemilu," jelas Ade Kurnia Zeli.

Sementara itu, Bupati Solok Selatan sebagaimana dikatakan H. Novirman menyampaikan apresiasi dan terimakasih kasih pada semua pihak yang sudah mendukung kesuksesan Pemilu Pilpres dan Pileg kemaren.

Terlaksananya pemilu aman, serta tingginya partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pesta demokrasi di republik ini, sangat menentukan arah pembangunan Indonesia secara umum, Solok Selatan secara khusus.

Turut memberi sambutan dari Polres Solsel yang mengajak semua pihak untuk kembali memberikan dukungan untuk pelaksanaan Pilkada yang sudah dimulai tahapannya.

" Peserta yang bertarung di sini adalah putra dan putri terbaik daerah, maka mari kita dukung bersama-sama dengan menciptakan rasa aman saat Pilkada nanti. Sehingga pembangunan di Solsel akan lebih baik dan lebih maju lagi" harap Waka Polres Solsel Efdar Roza.

Usai pembukaan Rapat Pleno yang secara resmi dibuka Ketua KPU Solsel, Ade Kurnia Zeli tersebut, dilanjutkan dengan  penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umum. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!