Breaking News

Tuesday, May 14, 2024

Gubernur Sumbar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Maimunah

Gubernur Sumbar Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Mesjid "Maimunah" Senin, 13-05-2024

FS. Pariaman --- Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah Letakkan Batu Pertama Pembangunan Mesjid Maimunah Dusun Lapai Desa Cimparuah, Kec. Pariaman Tengah pada Senin (13/05/2024).



Ketua Panitia Pelaksana Syahrul mengatakan, mengingat pentingnya pembangunan mesjid sebagai sarana ibadah umat muslim sekaligus tempat mengaji oleh generasi penerus.


"Mesjid ini dinamakan "Maimunah" merupakan seorang guru mengaji, yang hidup 50 tahun lalu dan juga merupakan orang tua dari pewakaf tanah, Rusdi Jamal,"kata Syahrul


Pada kesempatan yang sama, pewakaf tanah yang merupakan perantau dari Kalimantan dengan bersuku Mandailiang Rusdi Jamal menyampaikan, pendirian mesjid ini merupakan takdir dari Allah.


"Saya kelahiran di Cimparuah ini, tanah wakaf mesjid, merupakan milik saudara yang masih disini. Sejarahnya Maimunah itu adalah Nenek saya, satu orang lagi namanya Sayarifah guru mengaji juga sukunya Mandailing,"ujar Rusdi


Dia menambahkan, dalam adat Minangkabau kalau tidak ada lagi keturunan anak perempuan. Jadi istilahnya waris itu tidak ada lagi.


"Jadi tinggallah Husaini dan Mudasir dikampung ini lagi. Yang mana nenek kami berpesan jika tidak ada lagi, keturunan perempuan. Wakafkanlah tanah itu ke mesjid,"ungkap Rusdi



Pada kesempatan itu, Mahyeldi Ansarullah mengatakan kelebihan orang Pariaman minang ini adalah selalu bersinergi antara ranah dan rantau.


"Tidak ada ditempat lain, hanya orang minanglah yang memiliki kekuatan sinergi hubungan kekeluargaan yang tidak terpisahkan meskipun jarak jauh,"kata dia


Katanya lagi keberadaan mesjid di ranah Minang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sosial kemasyarakatan. 


"Diminangkabau selain sebagai sarana ibadah, mesjid juga sebagai tempat berkumpul dan bermusyawarah. Bahkan terkait menyelesaikan persoalan adat dan agama,"ujar dia.


Dan tidak bisa dipungkiri katanya, tokoh-tokoh masyarakat minang terkemuka seperti Buya Hamka dan M. Natsirman terlahir dari surau atau mesjid (wrm)














No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!