Breaking News

Tuesday, May 07, 2024

Padang Disiapkan Jadi Kota Pangan, Punya 5.214 H Lahan Sawah Dilindungi


FS.Padang(SUMBAR)- 
Kota Padang merupakan salah satu wilayah kota dengan lahan sawah terluas di Indonesia. Total terdapat 5.214 H lahan sawah dilindungi di Ibu Kota Provinsi Sumbar itu.

"Luas sawah dilindungi di Kota Padang mencapai 5.214 H dan itu sudah diputuskan melalui peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang," kata Wali Kota Padang, Hendri Septa Dt. Alam Batuah didampingi Kepala Dinas Pertanian. Yoice Yuliani dan Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis saat melaunching Kampung Tematik Ketahanan Pangan di Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Selasa (07/05/24).

Dia menyebut, Kampung Tematik Ketahanan Pangan yang baru dilaunching tersebut harus dapat jadi pilot project terhadap ketahanan pangan di Kota Padang.

"Melihat sejarah negara yang ada di luar sana, seperti Belanda yang wilayahnya kecil tapi bisa jadi negara pangan dan memberi makan dunia. Artinya, walaupun lahan kita tidak terlalu luas tapi harus bisa menghasilkan sesuatu yang besar," tutur Wako Hendri Septa Dt. Alam Batuah.

Ditambahkannya, di negara lain lahan pertanian dilihat sebagai lahan emas dan hal itu harus dapat ditiru karena selama ini banyak yang kurang menghargai para petani, pekebun, ataupun peternak. Paradigama itu menurutnya harus dirobah.

"Di negara lain, kemudahan diberikan pemerintahannya sehingga petani bisa kaya. Pemko ingin melakukan hal ini dan serius dalam mengembengkannya, tidak boleh hanya seremonial. Ini harus jadi cikal bakal berkelanjutan, sampai nanti diambil alih generasi muda," ulasnya.

Hendri Septa Dt. Alam Batuah menilai bahwa pertanian di Kota Padang harus jadi gaya hidup dan dilihat sebagai usaha yang menjanjikan. Pihaknya melalui dinas-dinas terkait juga terus berupaya memberikan pendampingan terhada petani-petani di Kota Padang.

Pada kesempatan itu, Hendri Septa Dt. Alam Batuah juga menyerahkan bantuan ketahanan pangan dari Dinas Pertanian Kota Padang terhadap 7 kelompok tani. Juga dilakukan penyerahan bantuan yang berasal dari corporate social responsibility (CSR) PT Semen Padang kepada 7 kelompok tani. (Taufik / Ivan / Charlie)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!