Breaking News

January 27, 2020

Hujan Deras Guyur Kota Batusangkar, Sejumlah Bangunan Terancam Banjir



FS.Tanah Datar (SUMBAR) - Akibat hujan deras yang mengguyur Kota Batusangkar , Sumatera Barat mulai ba'da Magrib hingga pukul 03.00 dini hari tadi menyebabkan 7 bangunan yang berada di Lembah Penurunan Koto atau Jalan menuju ke RSUD MA.Hanafiah Batusangkar terancam terendam air. Hujan tersebut menyebabkan meluapnya air selokan di beberapa tituk pusat kota Batusangkar.

Nupik salah satu warga Penurunan Lembah Koto kepada fokussumatera.com mengatakan "Dalam rumah air sudah setinggi 50 cm  dan mungkin akan terus naik karena ada polongan saluran air yang patah" ujarnya saat ditemui di lokasi kejadian Minggu malam (26/01).

Warga lain Ipep (41) yang juga merupakan salah satu relawan organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia Kabupaten Tanah Datar mengatakan, "banyak titik pusat kota Batusangkar yang tergenang air, tapi yang terparah di titik Penurunan Lembah Koto, rumah warga sudah terendam air setinggi tempat tidur" katanya sembari menjalankan tugasnya melancarkan lalu lintas di depan Lapangan Cindo Mato.

Terpantau media fokussumatera.com situasi di sekitar TKP, nampak banyak titik selokan saluran air yang tersumbat sampah dan pagar belakang RSUD juga rubuh akaibat derasnya terjangan air hujan yang mengguyur kota Batusangkar malam ini.

"Selain itu got di samping Rumah Makan Purnama juga tersumbat sampah yang mengakibatkan sampah dan air meluap menyelimuti  badan jalan dan rumah warga" tambah Ipep.

"Kita berharap Pemda segera dan cepat tanggap akan bahaya yang dapat mengancam jiwa ini" lanjut Ipep yang merupakan warga asli Batusangkar ini.

Sementara Beni Yohendri Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Datar kepada fokussumatera.com via selulernya  mengatakan "anggota kami sedang turun ke lapangan karena ada bencana di Kelok Sikumbang jadi semua personil dikerahkan ke sana,jika nanti kita bisa membagi personil kita akan segera turunkan ke Penurunan Lembah Koto" jawabnya singkat.

Dengan adanya berbagai macam bencana yang terjadi akhir-akhir ini semoga kita bisa mengambil hikmahnya dan makin meningkatkan kesadaran kita untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dan tidak lupa bersyukur meningkatkan iman dan taqwa serta kedekatan terhadap sang Pencipta.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!