Breaking News

Thursday, February 06, 2020

Mahasiswa IAIN Batusangkar Terima Beasiswa Dari DPP SAS



FS.Tanah Datar(SUMBAR) - Mahasiswa IAIN Batusangkar mendapat bantuan dari Dewan Pimpinan Pusat Sulit Air Sepakat (DPP SAS). Dalam kunjungannya ke IAIN Batusangkar hadir 7 orang pengurus DPP SAS untuk Perencanaan Memorendum of Agreement (MoA) dengan IAIN Batusangkar, Senin, 03 Februari 2020 lalu.

Dalam kunjungannya Ketua DPP SAS Syafrizal Zain mengatakan untuk meningkatkan dan pencapaian pendidikan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal diperlukan kontribusi atas pembangunan daerah dari seluruh leading sektor, baik keluarga, Pemerintah Nagari dan seluruh Tokoh Masyarakat dalam pencapaian tujuan tersebut.

"SAS adalah salah satu organisasi sosial perantauan masyarakat Minang yang harus diakui paling terkenal dan terbesar di Ranah Minang, dan akan menyandingkan program utamanya dengan IAIN Batusangkar" katanya.

Lebih lanjut Syafrizal mengatakan "Program tersebut antara lain dalam bentuk Beasiswa berprestasi khususnya mahasiswa IAIN Batusangkar yang berasal dari Nagari Sulit Air Kecamatan X Koto di atas Kabupaten Solok" lanjutnya.

"Memorandum of Agreement (MoA) yang akan dilaksanakan pada pertengahan Maret tahun ini sekaligus penyerahan beasiswa kepada mahasiswa  kita yang sedang menuntut ilmu di IAIN Batusangkar" jelasnya.

Sementara Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr.H.Rizal, M.Ag didampingi Kabiro AUAK Drs.Yaarizal, MA memberikan sambutan dan apresiasi yang tinggi atas perhatian besar dan kunjungan DPP SAS ke IAIN Batusangkar,khususnya bagi mahaaiawa dari Nagari Aulit Air (SAS) Kabupaten Aolok.

Warek III juga berharap gerakan ini juga sebaiknya diikuti oleh organisasi perantau daerah lainnya sehingga mahasiswa yang cerdas dan berprestasi tetapi tidak mampu bisa menyelesaikan pendidikan tepat waktu dan pasca kuliah bisa membangun daerahnya masing-masing.

"Dari data yang diperoleh IAIN Batusangkar ada 54 mahasiswa yang berasal dari nagari Sulit Air dengan bermacam tingkatan semesternya, dalam waktu dekat ini kita Pihak IAIN Batusangkar akan melakukan penjaringan dan seleksi terhadap mahasiswa Nagari Sulit Air yang akan menerima bantuan beasiswa dari DPP SAS" katanya.

Lebih lanjut Rizal mengatakan dengan telah dibukanya PMB tahun akademik 2020/2021,yakni jalur SPAN-PTKIN, maka Rizal menyampaikan kepada DPP SAS akan memprioritadkan calon mahasiswa dari Nagari Air Sulit untuk menerima beaaiswa dari SAS.

Adapun bentuk kerjasama yang akan ditandatangani adalah Proses Seleksi Penerima Bantuan untuk Mahasiswa yang berasal dari Sulit Air dilakukan oleh Pihak IAIN Batusangkar melalui penjaringan dengan persyaratan yang ditetapkan bersama.

Sedangkan biaya yang akan sisalurkan berasal dari Sulit Air yang tergabung dalam SAS.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!