Breaking News

February 28, 2023

Kauman Language Centre Gelar Festival Bahasa Arab


FS.Padang Panjang(SUMBAR)-
Tingkatkan skill bahasa, Kauman Language Centre gelar Festival Bahasa Arab dengan tema "Mencerahkan Langit Peradaban dengan Membumikan Bahasa Arab".

Kegiatan digelar di Aula AR. St. Mansur Pondok Pesantren (Pontren) Kauman Muhammadiyah Padang Panjang, Selasa (28/2).


Acara ini diikuti seluruh santri MTs, serta kelas X dan XI MA KMM serta para guru. Dalam acara ini, para peserta diajak untuk membumikan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga bahasa Arab bukan hanya menjadi bahasa asing yang dipelajari, tetapi juga bahasa yang digunakan secara aktif dalam kehidupan sosial, budaya dan intelektual masyarakat.


Mudir Pontren Kauman, Dr. Derliana, MA menyampaikan, bahasa Arab adalah bahasa yang memiliki sejarah panjang dan kaya. Serta menjadi bahasa pengantar ilmu pengetahuan, sastra dan kebudayaan di dunia Islam. Bahkan, sebutnya, beberapa kosa kata bahasa Indonesia merupakan bahasa serapan dari bahasa Arab.


Dikatakan Derliana, Festival Bahasa Arab ini diisi dengan berbagai penampilan menarik, seperti penampilan puisi, pembacaan Pancasila, tafsiran ayat Al Quran, iklan, live music dan kuis. Semua disajikan dengan bahasa Arab. 


Salah seorang santri, Hasbi mengaku sangat senang bisa mengikuti acara ini. Ia mengatakan, acara ini sangat bermanfaat sehingga bisa memotivasinya untuk memperdalam bahasa Arab dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari terutama di lingkungan pondok. 


Nicky Sondra, Lc selaku Pembina KLC mengharapkan festival ini dapat memotivasi santri untuk semakin membumikan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga bahasa Arab tidak hanya menjadi bahasa asing, tetapi juga menjadi bahasa yang dipahami dan digunakan secara aktif di Pontren Kauman. 


(Ernawati | Elin | Rilis | Cigus)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!