Breaking News

February 28, 2023

Tingkatkan Keamanan Pangan, BBPOM Laksanakan Advokasi di Padang Panjang


FS.Padang Panjang(SUMBAR)-
Guna meningkatkan keamanan pangan di Kota Padang Panjang, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang  melaksanakan Advokasi Kelembagaan Program Prioritas Nasional Keamanan Pangan Terpadu, di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Selasa (28/2).


Dibuka Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, advokasi BBPOM ini membahas tiga program. Di antaranya Desa/Kelurahan Pangan Aman, Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah dan Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas.


Pada sambutannya Sekdako Sonny menyampaikan terima kasih kepada BPOM dan khususnya Balai Besar POM di Padang yang telah memberikan kepercayaan menunjuk Kota Padang Panjang sebagai salah satu lokus atau objek yang menjadi advokasi atau intervensi dalam program keamanan pangan terpadu.


“Ini sangat sejalan dengan apa yang menjadi cita-cita dan tujuan dari pembangunan daerah. Ini juga menjadi salah satu dari prioritas kita dan tertuang juga pada misi kedua RPJMD. Salah satunya adalah meningkatkan pemerataan dan daya saing kualitas SDM masyarakat yang berakhlak. Ini ada kaitannya dengan bagaimana mewujudkan SDM itu melalui pangan yang sehat,” ujarnya.


Ia juga mengatakan, dengan menjadi kota persinggahan, Kota Padang Panjang banyak diminati masyarakat untuk menikmati kulinernya. Jadi dengan adanya keamanan pangan ini bisa membuat kepercayaan masyarakat yang singgah untuk berbelanja dan menyantap makanan di Kota Padang Panjang khususnya Pasar Kuliner (Paskul).


Sementara itu Kepala BBPOM Padang, Drs. Abdul Rahim, Apt, M.Si mengatakan, Kota Padang Panjang merupakan salah satu dari tiga kabupaten/kota yang dilakukan advokasi oleh pihaknya. Selain itu ada Kota Solok dan Kabupaten Pasaman Barat. Ia yakin Pemerintah Kota Padang Panjang akan memberi dukungan penuh terhadap kegiatan ini bersama lintas sektor terkait.


“Kita memang instansi vertikal tetapi wilayah kerja atau tugas kita tentunya di daerah banyak kegiatan-kegiatan  banyak isu-isu. Dan jangan sungkan-sungkan, mari selalu bersinergi menanyakan kepada kami jika memang itu menjadi bagian daripada tanggung jawab kita selama ini. Kita berharap kerja sama ini kita tingkatkan lagi sehingga masyarakat bisa mendapatkan keuntungannya juga,” tuturnya.


Advokasi ini juga mendatangkan narasumber di antaranya PFM Madya Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan, Dra. Dyah Sulistyorini, Apt, M.Sc, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, dr. Faizah, Kepala Bappeda, Rusdianto, SIP, M.M, Kepala Dinas Perdagkop UKM, Jevie Carter Eka Putra, M.T, Sekretaris Disdikbud, Muji Sirwanto, M.Pd.


Pada pertemuan tersebut juga dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksanaan Program Prioritas Nasional Keamanan Terpadu di Kota Padang Panjang 2023  oleh undangan yang hadir.


(Ernawati | Elin | Shintia)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!