Breaking News

March 2, 2023

Pemko Sawahlunto Mendukung Peningkatan Pengurus dan Anggota Koperasi


FS. Sawahlunto, (SUMBAR) -Pemko Sawahlunto mendukung peningkatan kapasitas pengurus dan anggota koperasi di kota itu salah satunya melalui pelatihan peningkatan pemahaman dan pengetahuan perkoperasian bagi anggota koperasi, yang diselenggarakan sejak 27 Februari sampai 01 Maret 2023 di Hotel Parai. 


Wali Kota Sawahlunto Deri Asta yang menjadi salah satu narasumber dalam pelatihan itu menyebut koperasi memiliki arti penting dalam menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat, sehingga Pemko komitmen memberi perhatian dan dukungan.


Di samping Menjadi narasumber Wako Deri Asta juga tak lupa memberikan semangat dan dukungan bagi para peserta untuk melakukan pelatihan, dimana pelatihan ini bisa menambah ilmu dan supaya koperasi yang ada di Kota Sawahlunto ini bisa semakin berkembang dari masa ke masa nantinya. 


"Ada tiga peran Pemko dalam upaya mendukung koperasi ini. Pertama pengawasan dan pemeriksaan, kemudian penilaian kesehatan Koperasi Simpan Pinjam (KSP)/Usaha Simpan Pinjam (USP) koperasi, setelah itu pendidikan dan pelatihan perkoperasian," kata Wali Kota Deri Asta.


"Dari data yang kami peroleh, jumlah koperasi yang aktif tercatat sebanyak 53 unit, sementara yang melaporkan telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun 2022 baru 21 unit. Harapan kita dengan memfasilitasi pendidikan dan pelatihan seperti ini bisa mendorong bertambahnya jumlah koperasi yang menyelesaikan RAT," ujar Wali Kota Deri Asta menjelaskan.


Kepala Bidang Koperasi pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Sawahlunto Nurhasnah menyampaikan peserta pelatihan tersebut yakni sebanyak 30 orang. 


"Pesertanya ini adalah perwakilan dari 30 unit koperasi, setiap koperasi mengirimkan satu orang anggota untuk mewakili dalam pelatihan ini. Sementara narasumbernya kami datangkan dari Balai Pelatihan Koperasi Provinsi Sumbar," ujar Nurhasnah merinci.


Untuk materi yang disampaikan dikatakan Nurhasnah yakni terkait manajemen perkoperasian.


"Sengaja kita undang pada pelatihan ini yaitu mereka para anggota, bukan pengurus. Tujuannya supaya ini menjadi bekal bagi mereka agar nanti kalau ada kesempatan menjadi pengurus maka bisa menjalankan tugasnya dengan penuh pemahaman pada prinsip dan regulasi koperasi yang baik dan benar," kata Nurhasnah.(ML)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!