Breaking News

May 21, 2023

Wako. Solok Inspektur Upacara Hardiknas

Wako. Solok Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hardiknas

FS.Kota Solok (SUMBAR)---Wali Kota Solok, H.Zul Elfian Umar bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2023 di  dilapangan Merdeka Kota Solok Sabtu pagi (20/5/23)


Dalam arahannya Wali Kota, H.Zul Elfian membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI selaras dengan tema Hardiknas tahun 2023 yaitu Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.


Program Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.


Pada jenjang perguruan tinggi, mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka.


Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap langkah berani yang sudah diambil.


Tahun ini, Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-115 dengan tema Semangat Untuk Bangkit. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai seremonial saja. “Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional,” kata Wako.


Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia.


Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.


Dalam rangka menyambut kedatangan para peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara yang tahun ini dilakasanakan di beberapa daerah di Provinsi Sumatera Barat dan salah satunya di Kota Solok, Wako mengucapkan selamat datang di Kota Beras Serambi Madinah kepada taruna-taruni, diharapkan mereka cepat berbaur dengan masyarakat Kota Solok.


“Selamat mengabdi kepada 309 peserta Latsitardanus di Kota Solok, semoga segala hal yang direncanakan akan berjalan baik, lancar dan maksimal hasilnya. Serta memberikan kesan bagi para taruna-taruni dan masyarakat Kota Solok,” ucap Wako menutup amanatnya.


Penerimaan peserta Latsitardanus ditandai dengan pemakaian syal batik khas Solok oleh Walikota, Wakil Walikota dan Forkopimpda Kota Solok.


Kegiatan ini dimeriahkan dengan penampilan Randai massal dibawakan pelajar SMP se-Kota Solok dan Tari massal yang dibawakan murid TK se-Kota Solok dengan jumlah lebih dari 1000 peserta. (Am/FS).



No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!