Breaking News

Tuesday, September 19, 2023

Suhatri Bur Membuka Kegiatan TPBIS

Bupati Suhatri Bur Saat Membuka Kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Sosial

FS.Pariaman --- Bupati Suhatri Bur membuka kegiatan Sosialisasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), bertempat di Aula Pertemuan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Padang Pariaman, pada Senin (18/09/23)



Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyatakan, Paradigma lama tentang Perpustakaan harus dirubah. 


"Bahwa selama ini dianggap Perpustakaan hanya sebagai gudang buku, kini harus bertransformasi menjadi tempat yang dapat memberdayakan masyarakat dengan pendekatan teknologi informasi,"ujar dia


Sehingga lanjut nya, perpustakaan akan memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengubah kualitas hidupnya menjadi lebih baik menuju kesejahteraan.


Perpustakaan, selain untuk menyediakan sumber-sumber bacaan dalam upaya menggali informasi dan pengetahuan, juga wajib memfasilitasi masyarakat dengan berbagai kegiatan pelatihan dan keterampilan yang bertujuan untuk pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat.


"Dengan upaya tersebut, performa individu akan meningkat, secara otomatis dapat meningkatkan daya literasi masyarakat," ungkapnya 



Lebih lanjut Suhatri Bur menerangkan, program TPBIS merupakan program nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan Perpustakaan, meningkatkan penggunaan layanan oleh masyarakat sesuai kebutuhan. Disamping itu katanya, juga untuk membangun komitmen dan dukungan stakeholder untuk transformasi Perpustakaan yang berkelanjutan. 


"Program TPBIS ini sasaran akhirnya adalah untuk menciptakan masyarakat sejahtera. Namun perlu dukungan dari perangkat daerah, termasuk Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam penyediaan kebutuhan dan pelayanan kepada masyarakat," harap Suhatri Bur.


Sebelumnya, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman Erman melaporkan, tujuan dari sosialisasi TPBIS ini adalah dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi Perpustakaan dengan melibatkan masyarakat.


"Pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kwalitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan di Kabupaten Padang Pariaman," urai Erman (FS)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!