Breaking News


" Hasil Hitung Pilpres 2024 "

October 20, 2023

Bupati Solok Hadiri Upacara Penutupan TMMD ke-118

FS.Kabupaten Solok

Danrem 032 Wirabraja Menutup Program TMMD ke-118 di Kabupaten Solok ditandai dengan pemukulan gong.

(SUMBAR) --- Bupati Solok Epyardi Asda menghadiri penutupqm TMMD (TNI-Manunggal Membangun Desa) ke-118 di lapangan Nagari Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak, pada Kamis (19/10-23).


Dansatgas/Dandim 0309 Solok Letkol. Inf Aji Satrio melaporkan Tujuan kegiatan TMMD adalah untuk membantu kegiatan Pemerintah Kabupaten Solok dalam mempercepat pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik maupun nonfisik.


Dia mengatakan, sasaran fisik yang dilaksanakan yakni Pembukaan Jalan Usaha Tani dan Bantuan Rehab Rumah tidak layak Huni, kegiatan telah terlaksana 100%.


Sasaran Nonfisik yakni berupa Bantuan Alsintan melalui Dinas Pertanian, Pelayanan Dokumen Kependudukan melalui Sistem Kejar Bola oleh Disdukcapil, Simulasi APAR oleh Satpol PP dan Damkar, Pelayanan KB melalui DPPKBP3A, Advokasi Perencanaan berbasis Data oleh Disdikpora.


Pelatihan Olahan Makanan dan Bantuan Peralatan UMKM oleh DKUKMPP, Penyerahan Bantuan Sosial sebanyak 50 paket oleh Dinsos, Pelayanan Perpustakaan keliling oleh Dispersip, Sosialisasi Cerdas Bermedia Sosial oleh Diskominfo, Pelayanan Pengurusan Perijinan melalui DPMPTSP dan Naker, Bantuan Zakat kepada Guru dan Siswa Nagari Tanjung Alai oleh BAZNAS Kab. Solok, Bantuan Tempat Sampah oleh DLH, semua kegiatan telah terlaksana 100%.


Pelaksanaan Kegiatan telah dimulai pada tanggal 20 September 2023 s/d 19 Oktober 2023 bertempat di Nagari Tanjung Alai.


Arahan Pangdam 01 Bukit Barisan dibacakan oleh Inspektur Upacara/Danrem 032 Wirabraja Brigjen. TNI Rayen Obersyl, mengatakan, Kegiatan TMMD merupakan bagian dari Operasi Bakti TNI yang diwujudkan dengan membantu Pemerintah Daerah dalam menyiapkan dan memperbaiki Infrastruktur serta mengakselerasi program Pemerintah Daerah yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


TMMD tidak hanya domain dari TNI semata melainkan Program bersama Pemerintah Daerah dan Kota yang bersatu padu semua komponen bangsa dan dilaksanakan secara bahi membahu bergotong royong.


"Ini merupakan upaya kita bersama dalam melestarikan warisan budaya kepada penghulu kita sejalan dengan tema kali ini "Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat,"katanya.


Sementara itu Bupati Solok diwakili Sekertaris Daerah Medison mengatakan Kegiatan TMMD ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat kita di Nagari Tanjung Alai.


Lanjutnya, yang mana ini merupakan Percepatan Pembangunan dalam rangka membuka keterisolasian maupun percepatan-percepatan untuk masyarakat dapat mengakses sentra sentra pertanian, mempermudah arus transportasi barang termasuk juga kegiatan-kegiatan bedah rumah yang tentu ini bermanfaat bagi masyarakat kita.


"TMMD ini tidak hanya orientasinya fisik akan tetapi sebagai arahan Danrem bahwa bagaimana semangat gotong royong dan kebersamaan mulai hilang melalui kegiatan TMMD ini kita bisa kita laksanakan,"ungkap nya.


Melalui kegiatan TMMD dapat menumbuhkan rasa kebersamaan antara TNI, Unsur Pemerintah dan Masyarakat serta memberikan hasil yang nilai fisiknya jauh lebih baik dibandingkan dengan kegiatan melalui sisi proyek, baik dari sisi capaian volume maupun kualitas.


"Kepada Walinagari dan seluruh masyarakat kita berpesan agar bisa memanfaatkan dan menjaga seluruh Pembangunan yang kita laksanakan dengan sebaik-baiknya,"ungkap Medison (fS)





No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!