Breaking News


" Hasil Hitung Pilpres 2024 "

November 15, 2023

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus Minta Bawaslu Proaktif Awasi Netralitas ASN


FS.JAKARTA - 
Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengatakan Netralitas  Aparatur Sipil Negara (ASN) selalu menjadi perhatian publik menjelang Pemilu. 

Berbagai pelanggaran berpotensi terjadi kapan saja. Sehingga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) semestinya  meningkatkan kinerjanya dalam mengawasi masalah netralitas ASN ini, kata Guspard, Rabu (14 /11/2023). 

Menurutnya, Kepala daerah  dalam pencalonannya di dukung oleh partai politik (parpol). Setelah menjabat bisa saja  ada di antara mereka yang meminta ASN untuk mendukung parpol pendukungnya. Atau oknum-oknum ASN mungkin memanfaatkan situasi agar dapat promosi jabatan dari kepala daerah yang bersangkutan. 

Makanya peran  Bawaslu sebagai pengawas pemilu dalam memantau, menyelidiki dan menegur jika ada indikasi pelanggran sangat penting sekali. Kapan  perlu, menindak sesuai aturan hukum yang berlaku. Supaya, timbul efek jera, ujar Politisi PAN ini. 

Legislator dapil Sumatera Barat 2 itupun menegaskan sudah sangat jelas dalam tugas dan wewenangnya Bawaslu, salah satunya melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran pemilu.

Artinya, dengan segala kewenangannya, Bawaslu sebenarnya punya landasan kuat untuk mengawal, bagaimana ASN itu bisa netral. Artinya, Bawaslu harus pro aktif mengawasi sikap dan tindakan dari ASN, ulas Pak Gaus ini. 

Bawaslu bisa melakukan koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga terkait. Seperti  dengan Kemenpan RB, Kementerian Dalam Negeri dan kementerian lainnya serta lembaga terkait lainnya. 

Oleh karena itu, Bawaslu mesti melakukan tindakan preventif dan rajin mengimbau para ASN agar tegak lurus, sesuai aturan yang berlaku. Karena bagaimana pun, kalau ASN melakukan pelanggaran, ada undang-undang yang akan memberikan sanksi yakni Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN. 

Langkah proaktif Bawaslu menyikapi ketidaknetralan ASN adalah sebuah keniscayaan. Apalagi jumlah ASN sangat besar dan merupakan tokoh di daerah tempat tinggal mereka.  Hendaknya Bawaslu harus secara konsisten dan terus menerus menyuarakan tentang netralitas ASN ini secara  berkesinambungan, pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!