Breaking News

November 1, 2023

Cegah Stunting, Dinkes Sumbar Siapkan Posyandu Terintegrasi di Kota Padang Panjang


FS.Padang Panjang(SUMBAR)- 
Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat disemua siklus kehidupan seperti Ibu Hamil, Bayi dan Balita, Usia Produktif serta Lansia, Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar bekerja sama dengan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) kota Padang Panjang siapkan Posyandu Terintegrasi, yang artinya kegiatan pelayanan sosial dasar keluarga dalam aspek pemantauan tumbuh-kembang anak yang pelaksanaannya dilakukan secara koordinatif dan terintegrasi.

Posyandu Terintegrasi ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat kunjungan Posyandu serta deteksi dini terhadap Angka Stunting.

Dalam acara Gerakan Masyarakat untuk mengaktifkan Posyandu menuju Indonesia Sehat, yang dilaksanakan di Posyandu Mawar Kelurahan Ganting Kota Padang Panjang, Rabu, (01/11/23), Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, dr. Lila Yanwar, dalam sambutannya mengatakan bahwa Posyandu terintergrasi  bukanlah hal baru akan tetapi memadupadankan posyandu-posyandu yang telah ada.

"Sebelum ini telah ada posyandu Ibu Hamil, posyandu bayi dan balita, posyandu lansia, posbindu, itu terpisah-pisah, sekarang disatukan tempat dan kegiatannya, agar semua anggota keluarga mulai dari bayi sampai lansia bisa sama-sama memeriksakan kesehatan, agar jika ada penyakit yang terdeteksi, penanangannya bisa dilakukan sedini mungkin," kata dr. Lila.

Pada kesempatan yang sama Pj. Walikota Padang Panjang yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, Faizah menyampaikan Posyandu Mawar Kelurahan Ganting merupakan salah satu posyandu percontohan di kota Padang Panjang.

"Jadi konsepnya posyandu ini adalah melakukan pelayanan kesehatan di satu tempat, seperti pelayanan Ibu hamil, bayi dan balita, usia produktif serta lansia," ucap Faizah.

Turut hadir Kepala OPD lingkup kota Padang panjang, Anggota DPRD kota Padang Panjang, Jajaran Dinas Kesehatan dan Posyandu serta siswa/siswi tingkat Paud sampai sekolah menengah atas. (RYH/DiskominfotikSumbar)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!