Breaking News


" Hasil Hitung Pilpres 2024 "

November 3, 2023

Dibuka Bupati, 226 Tim SD dan SMP se-Limapuluh Kota Ikuti Lomba Cerdas Sains


FS.Limapuluh Kota(SUMBAR)- Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota terus berupaya meningkatkan kompetensi para pelajar melalui berbagai inovasi agar mampu tumbuh menjadi insan-insan yang bermutu dan memiliki daya saing. Setelah sukses dalam beberapa tahun belakang menyelenggarakan lomba cerdas Qur'an, Pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Padang TV dan UNP kembali menyelenggarakan lomba di bidang Sains bagi pelajar SD dan SMP se-Limapuluh Kota. Bertempat di Gedung IPHI Sarilamak, Kompetisi antar sekolah di Limapuluh Kota tersebut resmi ditabuh pada Kamis, (02/11/2023).

Akan diikuti oleh 226 tim, lomba tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, turut hadir pada kesempatan itu, Wakil Rektor III UNP Prof.Yohandri, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Afri Efendi dan pimpinan Padang TV.

Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi lomba cerdas sains yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama Padang TV tersebut. Ia mengungkapkan kegiatan itu selaras dengan visi-misi daerah dimana didalam salah satu poin misinya ialah meningkatkan sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing berlandaskan keimanan. "Disamping peningkatan iman, taqwa, dan generasi cinta qur'an, kita juga tetap memperhatikan kecerdasan sains bagi para pelajar," sambungnya. 

Bupati mengatakan, pada kurun waktu dua tahun lalu, tercatat Kabupaten Limapuluh Kota selalu mengutus siswanya untuk mewakili Sumatera Barat dalam Olimpiade Siswa Nasional (OSN), namun di tahun 2022 dan 2023, tidak satu orang pun yang berkesempatan mengikuti ajang serupa. Terlaksananya cerdas sains ini lanjut Bupati, diharapkan capaian tersebut dapat terulang kembali dengan lahirnya bibit baru yang mampu berbicara banyak di tingkat nasional bahkan internasional. "Menang dan kalah bukan merupakan tujuan utama, tapi bagaimana kita bisa  mempresentasikan anak-anak kita yang memiliki minat dan bakat dalam bidamg sains bisa difasilitasi dan jadi ajang persiapan dalam menghadapi OSN 2024. Kami optimis, sejumlah siswa kita bisa berbicara banyak di tingkat nasional pada ajang tersebut," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sekaligus ketua panitia menyampaikan, Pemkab Limapuluh Kota melalui Disdikbud mengatakan, terlaksananya program lomba cerdas sains merupakan komitmen jajarannya dalam mewujudkan visi daerah. "Selain mendukung program daerah, lomba ini diharapkan dapat mengukur bakat dan minat siswa dalam sains yang dipresentasikan dalam bentuk lomba dan pra persiapan OSN 2024," tambahnya.(EY)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!