Breaking News

Thursday, December 14, 2023

Cabang Lomba Tafsir Bahasa Arab Tidak Semua Kabupaten/Kota Tampil di MTQ ke XL di Solsel

Salah seorang Panitera lomba Tafsir Bahasa Arab dan Tahfidz 5 Juz Non Tilawah, Afrizal diwawancara awak media di Venue Masjid Jamiatul Akbar di Bariang Nagari Lubuk Gadang Utara, Kamis (14/12/2023). Foto: Riga Diskominfo Solsel

FS.Solok Selatan(SUMBAR)- 
Pelaksanaan MTQ Nasional Ke XL Tingkat Provinsi Sumbar di Kabupaten Solok Selatan sudah memasuki hari kedua pelaksanaan berbagai lomba, Kamis (14/12/2023)

Khusus Venue Masjid Jamiatul Akbar di Bariang Nagari Lubuk Gadang Utara dilaksanakan lomba cabang Tafsir Bahasa Arab dan Tahfidz 5 Juz Non Tilawah.

Hingga hari kedua pelaksanaan lomba di sini sudah tampil sebanyak 14 orang untuk cabang Tafsir Bahasa Arab (10 orang pada hari pertama dan 4 orang pada hari kedua). Sedangkan untuk cabang Tahfidz 5 Juz sudah tampil sebanyak 26 orang peserta (13 orang pada hari pertama dan 13 pada hari kedua).

Sebagaimana dikatakan Afrizal, Panitera pada kegiatan lomba di venue itu, pada media ini, Kamis (14/12/2023), " untuk pelaksanaan lomba di venue ini, mulai hari pertama hingga hari kedua telah terlaksana dengan lancar dan aman.

Ia menjelaskan bahwa untuk cabang Tafsir Bahasa Arab tidak semua Kabupaten/Kota mengutus kafilahnya, hal tersebut dikarenakan untuk lomba cabang ini memang berat, karena selain hafal Al-Qur'an 30 juz juga harus mampu menafsirkannya. 

" Khusus untuk cabang Tafsir Bahasa Arab ini memang sangat berat dan pesertanya sudah barang tentu mampu hafid 30 juslz dan juga mampu menafsirkannya," jelas Afrizal.

Ia menilai, lahirnya generasi yang mampu mengikuti lomba tersebut tentu dengan dukungan lahir rumah-rumah tahfidz, pondok-pondok pesantren serta adanya yang kuliah di perguruan tinggi agama, baik dalam negeri maupun di luar negeri.

Sementara untuk cabang Tahfidz 5 Juz dengan pesertanya hafidz lima juz, total peserta sebanyak 37 orang, dan setiap Kabupaten/Kota di Sumbar telah mengutusnya," jelas Afrizal.

Ditambahkannya, bahwa pelaksanaan lomba di Venue Masjid Jamiatul Akbar di Bariang Nagari Lubuk Gadang Utara untuk lomba cabang Tafsir Bahasa Arab, besok (Jumat-red) babak penyisihan akan tampil sebanyak empat orang, sedangkan untuk Tahfidz 5 Juz Non Tilawah akan tampil sebanyak 13 orang," demikian Afrizal. (DA)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!