Breaking News

December 1, 2023

Kapolda Sumbar Hadiri Syukuran Hari Ulang Tahun ke 73 Polairud


FS.Padang(SUMBAR)- 
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH menghadiri acara syukuran HUT ke 73 Polisi Perairan dan Udara (Polairud) di Mako Ditpolairud Polda Sumbar, Jumat (1/12).

Syukuran HUT Polairud ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolda Sumbar, yang diserahkan kepada perwakilan personel tertua dan personel termuda di Ditpolairud Polda Sumbar. 

Pada kesempatan itu, Kapolda Irjen Pol Suharyono juga membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, yang menyebutkan bahwa selain melaksanakan operasi kepolisian, Korpolairud Baharkam Polri juga secara aktif melaksanakan kegiatan rutin melalui upaya preemtif dan preventif seperti patroli rutin, penjagaan perbatasan dan pengamanan objek vital di laut serta hotspot area labuh jangkar sehingga berhasil menurunkan angka kriminalitas di laut. 

"Tentunya, kita patut berbangga karena dengan kerja keras ini, Biro Maritim Internasional memberikan apresiasi kepada Korpolairud Baharkam Polri," ucap Kapolda. 

Kemudian, penegakan hukum juga dilaksanakan sepanjang tahun 2023 sebagai upaya terakhir atau ultimum remidium guna memberikan efek jera kepada para pelaku tindak pidana di wilayah perairan seperti TPPO, illegal logging, dan illegal fishing, sehingga berhasil menyelamatkan potensi kerugian negara sebesar Rp. 297,69 miliar.

Bukan hanya itu, Korpolairud Baharkam Polri juga turut memberikan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan bakti sosial, penanaman bakau serta berinovasi menjadikan kapal patroli sebagai perpustakaan terapung sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di wilayah pesisir dan kepulauan terluar.

Selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, tentunya saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya. 

"Semoga penghargaan ini dapat menjadi pemacu semangat bagi seluruh personel Korpolairud Baharkam Polri untuk terus memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat," ujarnya. 

Kemudian, terdapat tantangan dalam melaksanakan tugas yang tidak kalah penting yaitu pengamanan Pemilu 2024. Pemilu 2024 merupakan pesta demokrasi terbesar karena pertama kali dilaksanakan serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar. 

"Berikan dukungan secara optimal, khususnya dalam pendistribusian logistik Pemilu. Kerahkan kapal, pesawat dan helikopter Polri sehingga dapat menjangkau wilayah terpencil dan terluar," katanya. 

Selain itu, rekan-rekan juga harus dapat menjadi teladan bagi masyarakat dan menjadi simpul-simpul perekat persatuan dan kesatuan bangsa dengan menanamkan nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sehingga polarisasi dapat kita hindari demi mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan sejuk.

"Tentunya, saya menyadari bahwa menghadapi berbagai tantangan tersebut bukanlah hal yang mudah. Namun saya yakin, rekan-rekan adalah Bhayangkara Sejati yang akan terus mengabdi tanpa henti sehingga berbagai tantangan yang ada dapat diselesaikan dengan Presisi," kata Kapolda membacakan amanat Kapolri. 

Usai membacakan amanat Kapolri, Kapolda Sumbar juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada jajaran Korpolairud.

Untuk di jajaran Polda Sumbar, ia menyampaikan terimakasih kepada personel Polairud yang telah melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya. 

Apalagi saat ini memasuki tahun politik, dirinya menegaskan agar jangan ada satu personel pun yang terlibat politik praktis.

"Dan saya sangat bahagia dan bangga sampai saat ini seluruh anggota mendengarkan arahan dan penekanan yang saya sampaikan," ucapnya. 

Ia menjelaskan, berbagai prestasi dan kesuksesan Polri yang didapatkan itu apabila tidak adanya anggota yang melanggar aturan. "Sukses jika pelanggaran yang dilakukan oleh anggota tidak ada," ujarnya.

"Tapi kalau anggota-anggota yang tidak nurut (melanggar), ya di tindak tegas saja," tegasnya menambahkan.(*)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!