Breaking News

February 17, 2024

Dasa Wisma Nagari Sako Selatan Pasia Talang, Siap Hadapi Penilaian Tingkat Provinsi

Suasana Rakor Nagari dalam menghadapi penilaian dan kunjungan TP-PKK Provinsi Sumbar, yang dipimpin Pj. Wali Nagari Nita Sesriwar, Ketua PKK Nagari Ny. Eli Jusrawita, S. Pd, di aula kantor wali setempat, Sabtu (17/2/2024). Foto Humas Nagari Sako Selatan Nopi

FS.Solok Selatan (Sumbar) -
Nagari Sako Selatan siap untuk mendukung dan mensukseskan Program TP-PKK Kabupaten Solok Selatan melalui peningkatan program Dasa Wisma, mulai dari pembuatan kebun dengan sederet program dasawisma.

Apalagi saat ini TP-PKK Kabupaten Solok Selatan melalui penilaian Dasa Wisma tingkat TP-PKK Provinsi Sumbar, PKK Solok Selatan melalui kelompok Dasa Wisma Kamboja 4 Jorong Sawah Siluak Nagari Sako Selatan berhasil masuk nominasi 6 tingkat Provinsi Sumbar.

Sebagaimana surat TP- PKK Provinsi Sumbar nomor 17/Skr/PKK Prov/II/2024 tanggal 13 Pebruari 2024 tentang Penetapan Nominasi dan kunjungan Lapangan Dasa Wisma Tahun 2024, Dasa Wisma Kamboja 4 Jorong Sawah Siluak akan dinilai kembali dan dikunjungi.

" Banyak sisi penting yang dapat dirasakan banyak masyarakat dari kebun dasawisma wisma tersebut," ungkap Pj. Wali Nagari Sako Selatan, Nita Sesriwati, SE saat rapat koordinasi dengan berbagai unsur masyarakat nagari kantor wali setempat, Sabtu (17/2/2024).

Dijelaskan Nita Sesriwati, selain manfaat dari tanaman yang ada di kebun Dasa Wisma tersebut, yang tidak kala penting adalah membangun rasa kepedulian, dan keterlibatan berbagai unsur masyarakat nagari dengan program Dasa Wisma itu.

Salah satunya adalah terbangunnya semangat gotong royong serta terciptanya kesamaan pandangan dengan berbagai program yang dilaksanakan oleh kader dasawisma.

Adanya taman dasawisma ini dapat menghasilkan berbagai manfaat seperti membangun kemandirian, meningkatkan ketahanan pangan masyarakat, serta mempersatukan masyarakat karena terjalinnya silaturahmi antar masyarakat tersebut," jelas Nita Sesriwati.

Selain itu, masyarakat juga dapat berkreasi secara bebas dengan memanfaatkan pekarangannya untuk menanam berbagai tanaman sehingga dapat meningkatkan ekonomi kreatif, " tambahnya.

Hal yang tak kalah pentingnya dari  terbangunnya Kebun Dasa Wisma tersebut akan menjadi pangan lokal dalam pencegahan stunting yang ada di Nagari Sako Selatan dan untuk kebutuhan dapur masyarakat tidak perlu lagi membeli bahan dari luar.

Bahkan bentuk dukungan lain dari Pemerintahan Nagari Sako Selatan Pasia Talang dalam mewujudkan pembangunan kelompok Dasa Wisma di Nagari tersebut, 
khususnya untuk kelompok Dasa Wisma Kamboja 4, yang pada tahun ini masuk nominasi 6 besar tingkat Provinsi Sumbar mewakili Kabupaten Solok Selatan menggulir berbagai program.

Hadir pada rapat koordinasi  yang dilaksanakan di aula kantor wali tersebut antara lain Ketua PKK Nagari Sako Selatan Pasia Talang, Ny. Eli Jusrawita, S. Pd, beserta pengurus PKK Nagari, Ketua Bamus beserta anggota, Ketua LPMN Nagari beserta anggota, Ketua Dasa Wisma Kamboja 4 Jorong Sawah Siluak Pasmawati, Pengurus Karang Taruna, Bisa Desa Nagari, Kepala Jorong se-Nagari Sako Selatan Pasia Talang.

Rakor nagari untuk menghadapi penilaian dan kunjungan lapangan oleh TP-PKK Provinsi Sumbar, Kabupaten Solsel, dan Kecamatan Sungai Pagu tersebut, telah disepakati beberapa kegiatan dan pemantapan kelompok Dasa Wisma serta berbagai kegiatan pendukung lainnya. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!