Breaking News

February 17, 2024

Program Dasa Wisma Wujudkan Ketentraman dan Kesejahteraan Masyarakat

Pj. Wali Nagari Sako Selatan, Nita Sesriwati pimpin Rakor Nagari dalam.menghadapi lomba Dasa Wisma tingkat Provinsi Sumbar di aula kantor wali setempat, Sabtu (17/2/2024). Afrizal

FS.Solok Selatan (Sumbar) -
Menyikapi hasil penilaian TP-PKK Provinsi Sumbar melalui surat nomor 17/Skr/PKK Prov/II/2024 tanggal 13 Pebruari 2024 tentang Penetapan Nominasi dan kunjungan Lapangan Dasa Wisma Tahun 2024, Nagari Sako Selatan Pasia Talang, Kabupaten Solok Selatan bakal all out untuk meraih prestasi.

" Kita akan optimalkan segala kemampuan dan kekuatan masyarakat nagari dalam.menghadapi.penilaian Dasa Wisma tingkat Provinsi tahun 2024 ini," jelas Pj. Wali Nagari Sako Selatan Pasia Talang, Nita Sesriwati usai Rakor Nagari di aula setempat, Sabtu (17/2/2024).

Menurutnya, berbagai program untuk mendukung kesuksesan kelompok Dasa Wisma yang ada di nagari ini, khususnya yang tahun ini masuk nominasi 6 besar Provinsi Sumbar, Dasa Wisma Kamboja 4 Jorong Sawah Siluak telah digentorkan.

Program tambahan dari Kelompok Dasa Wisma Kamboja 4 Jorong Sawah Siluak yang sudah ditetapkan antara lain, program ronda keliling warga masyarakat, program Arisan Ikan Lele (AKALE), Remaja Cinta Budaya Lokal Jacibulok),  Jumat Bersih (Jumber), Stop Merokok Dalam Rumah (Stop Aroma) dan
Jelalatan (Jembut Bola Lawan Sunting)

Artinya melalui berbagai program tersebut ada beberapa manfaat yang akan dapat lansung dirasakan oleh masyarakat.

Seperti halnya dengan program AKALE atau Arisan Ikan Lele. Dimana setiap rumah dari dua puluh rumah dalam satu kelompok Dasa Wisma akan menyiapkan masing-masingnya 10 ekor ikan lele, dan setiap bulannya akan dilakukan pencabutan lot penerima untuk satu orang, dan terus bergulir.

Dampaknya nanti, sikelompok ini akan terbudidayakan ikan lele tersebut. Selain itu, juga akan dapat menjadi konsumsi warga Dasa Wisma. Muaranya tentu gizi masyarakat dan ekonomi masyarakat akan lebih baik dengan program AKALE ini," jelas Nita Sesriwati didampingi Ketua PKK Nagari Ny. Eli Jusrawita, S. Pd dan Ketua Dasa Wisma Kamboja 4 Pasmawati.

Kegiatan kelompok Dasa Wisma ini 
selain manfaat dari tanaman yang ada di kebun Dasa Wisma tersebut.dapat dimanfaatkan untuk warga Dasa Wisma juga akan dapat di jual untuk masyarakat lainnya.

Selain itu juga akan terbangunnya rasa kepedulian, dan keterlibatan berbagai unsur masyarakat nagari dengan berbagai program Dasa Wisma tersebut.

Sisi penting lainnya adalah terbangunnya semangat gotong royong serta terciptanya kesamaan pandangan dengan berbagai program yang dilaksanakan oleh kader dasawisma.

Terakhir, Nita Sesriwati, Ketua PKK Nagari Ny. Eli Jusrawita, S. Pd dan Ketua Dasa Wisma Kamboja 4 Pasmawati sangat berharap dukungan berbagai unsur masyarakat. 

Sehingga masyarakat tidak saja mengharapkan nilai atas lomba ini, tetapi dibalik itu akan terbangun semangat kebersamaan, kesehatan, ketentraman dan kesejahteraan masyarakat nagari," pungkas Nita. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!