Breaking News

March 29, 2024

Pemda Pessel Akan Relokasi Rumah yang Rusak Parah terdampak Banjir

                                         29 Maret 2024
Sekda Pessel, Mawardi Roska

FS.Pessel(SUMBAR)- Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan berupaya mencarikan solusi untuk korban terparah terdampak banjir di Kecamatan Sutera, terkhusus di Kampung Langgai dan Batu Bala. 

"Ya, korban rumahnya yang rusak parah dan berada dikawasan rawan bakal kita relokasi, atau didirikan rumah petak untuk korban, dan saat ini sudah dipersiapkan lahan baru tempat relokasinya,"kata Sekretaris Daerah, Mawardi Roska di Painan, Kamis (28/03).

Menurutnya, relokasi bagi korban mesti dilakukan mengingat beberapa rumah warga mengalami rusak berat atau hancur akibat banjir dan longsor. 

Selain itu, relokasi juga dianjurkan bagi rumah atau tempat tinggal warga yang memang terancam atau berada dilokasi paling rawan. 

"Nah, relokasi ini bertujuan agar masyarakat yang terdampak parah bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak dan bagi warga yang tinggal ditempat rawat. Agar apabila terjadi bencana mereka tidak terancam lagi,"ujar Sekda Mawardi Roska. 

Lanjutnya, Untuk pengerjaanya kini pihak pemerintah kecamatan dan pemerintah nagari tengah mengupayakan lahan tempat relokasi.

Kemudian sejauh ini sudah ada dua tempat atau lahan yang menjadi usulan bakal dibangunnya rumah petak untuk relokasi. 

"Lahannya sudah dapat, ada dua usulan. Pertama di Batu Bala dengan luas 1,2 Hektar dan kedua di Langgai 1,2 Hektar juga. Kini sedang dilakukan verifikasi dan melobi pemilik lahan apakah dia bersedia atau tidak dijadikan relokasi,"ungkapnya. 

Karena sambung Mawardi, untuk relokasi pemerintah daerah dianjurkan menyiapkan lahan. Sebab, pembangunan rumah relokasi bakal dibangun melalui Mentari PUPR. 

"Kalau untuk akan dibangunnya sudah clear itu diucapkan lansung oleh Menteri. Kita tinggal menyiapkan lahan dan data lengkap korban. Insyaallah dalam tahun ini selesai dikerjakan,"tutupnya. 

Sementara itu, Camat Sutera Dailipal ketika ditanya wartawan membenarkan, bahwa saat ini pihaknya bersama pemerintah nagari tengah mempersiapkan lahan untuk relokasi. 

"Alhamdulillah sudah ada 2-3 usulan lahan untuk relokasi dan sudah kita survei ke lokasi,"kata dia. 

Ia menambahkan, untuk total rumah yang bakal direlokasi ada sebanyak 59 unit rumah warga yang mengalami rusak berat di Nagari Gantiang Mudiak Utara. 

"Untuk totalnya ada 59 unit rumah di Kampung Batu Bala 39 unit dan Kampung Langgai 20 unit rumah yang bakal di relokasi,"singkatnya.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!