Breaking News

Monday, June 03, 2024

Tolak Keras RUU Penyiaran, Wartawan Tanah Datar Akan Hearing dengan DPRD

 



FS. Tanah Datar(SUMBAR)-Draft Rancangan Undang -Undang RUU Penyiaran (RUU Penyiaran) yang saat ini sudah mencuat di kalangan Insan Pers menjadi momok bagi Awak Media dari berbagai Organisasi Pers. Tak terkecuali bagi Insan Pers Tanah Datar, Sumatera Barat. 


Seperti yang di sampaikan oleh Yuldaveri yang merupakan Ketua Persatuan Wartawan  Indonesia (PWI) Kabupaten Tanah Datar pada kegiatan Jumpa Pers di aula Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) setempat, Senin (03/06) yang mengatakan bahwa Insan Pers Tanah Datar sepakat untuk menolak Draft RUU Penyiaran yang baru ini.


"Pada pertemuan ini, Saya sampaikan kepada rekan-rekan bahwa kita akan lakukan Hearing dengan DPRD Tanah Datar melalui Ketuanya dan komisi yang terkait. Kita selaku Insan Pers Tanah Datar yang tergabung dalam beberapa organisasi Wartawan menolak keras RUU Penyiaran tersebut, seperti Kabupaten/Kota lainnya. Ini merupakan hal yang menghambat dan mengkebiri kebebasan Pers bagi pelaku Insan Pers, dan ada tiga poin nanti yang akan kita sampaikan ke DPRD terkait penolakan RUU Penyiaran tersebut," ujar Yuldaveri.


Hampir senada, Bonar Surya Winata, Ketua Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI) Tanah Datar juga mengutuk keras akan hal ini.


"Kita sepakat bersama melalui Aliansi Pers Tanah Datar untuk menolak keras RUU tersebut. Apabila rancangan ini di sahkan oleh DPR RI, maka yang terjadi adalah pengekangan dan mengkebiri hak dari pada Wartawan tersebut untuk bekerja. Ini tidak sesuai dengan UU Pers No 40 tahun 1999. Kita coba Hearing dengan DPRD Tanah Datar, namun apabila tidak ada tanggapan maka kita akan menindaklanjutinya dengan membawa rekan-rekan Jurnalis untuk melakukan aksi yang lebih besar lagi," papar Bonar.


Jumpa pers hari ini di hadiri oleh hampir seluruh wartawan Tanah Datar yang tergabung dalam beberapa organisasi Wartawan di Kabupaten Tanah Datar. (D19)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!