Breaking News

February 17, 2024

Bawaslu Solok Selatan Proses Dua Kasus Dugaan Politik Uang


FS.Solok Selatan (Sumbar) -
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat memproses dua kasus dugaan praktik politik uang atau money politic, pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Dua kasus dugaan politik uang tersebut merupakan temuan Bawaslu dan satu lagi laporan masyarakat," kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Solok Selatan Nila Puspita, di Padang Aro, Jumat. (16/2/2024)

Dia menjelaskan, untuk kasus politik uang yang hasil temuan Bawaslu sekarang sudah tahap klarifikasi oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Bawaslu Solok Selatan menemukan dugaan praktik politik uang pada tahap masa kampanye sedangkan laporan masyarakat diterima pada masa tenang.

"Dugaan politik uang kami temukan saat masa kampanye dan sudah dilakukan penelusuran oleh Panwascam dan sekarang sudah tahap klarifikasi oleh Gakumdu," ujarnya.

Sedangkan untuk laporan masyarakat katanya, saat ini masih dalam tahap pembahasan pertama oleh Bawaslu.

Selain itu katanya, Bawaslu Solok Selatan juga menangani dua kasus netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan salah satunya segera dilimpahkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Tahapan Pemilu 2024 saat ini memasuki tahap rekapitulasi perolehan suara di tingkat Kecamatan.

Dia menambahkan, semua tahapan Pemilu di awasi dengan maksimal supaya berjalan jujur adil dan berintegritas.

Selama tahapan Pemilu Bawaslu juga merangkul berbagai kalangan masyarakat untuk melakukan pengawasan partisipasi termasuk membentuk Nagari (desa) pengawasan partisipatif. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!